Gubernur Arinal Ajak PKK Wujudkan Lampung Berjaya 

Bandar Lampung----Kebersamaan Pemerintah Provinsi Lampung dengan seluruh kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP - PKK) diyakini mampu mewujudkan “Rakyat Lampung Berjaya”.

Hal itu disampaikan Gubernur Lampung diwakili oleh Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto usai melantik Wakil Ketua dan Anggota Tim Penggerak Pemberdayaan dan kesejahteraan Keluarga (TP - PKK) Provinsi Lampung masa Bhakti 2019 – 2024 Di Balai Keratun Kantor Gubernur Provinsi Lampung Selasa, (20/8/2019).

Berdasarkan Surat  Keputusan Gubernur Lampung Nomor : G/614/V.12/HK/2019 Pj Sekda  secara resmi  melantik Ny. Mamiyani Fahrizal Darminto, Ny. Rika Hery Sulianto, Ny.Erna Suud Hanan, Ny. Dewi Ruskandi  diangkat sebagai  Wakil ketua I, II, III dan IV TP - PKK Provinsi Lampung bersama seluruh anggota TP PKK Provinsi Lampung masa bhakti 2019 – 2024.

Dalam sambutan Pj. Sekda saat menyampaikan Sambutan tertulis Gubernur Lampung berpesan, gerakan PKK sebagai mitra Pemerintah memiliki nilai yang sangat strategis dalam membangun masyarakat.

Gerakan PKK memiliki  tanggung jawab moral untuk secara terus menerus mengupayakan peningkatan kualitas hidup masyarakat sebagai program prioritas sekaligus merupakan amanat yang harus  dilaksanakan hingga tingkat bawah.

Kemudian tantangan pembangunan daerah kedepan akan semakin berat, seperti layanan kesehatan yang belum merata, serta kesejahteraan yang belum merata hingga banyak kasus stunting dan gizi buruk, serta  “salah pergaulan” generasi muda dan anak-anak  yang harus diantisipasi dengan baik.

“Kepada semua pihak, khususnya seluruh kader PKK agar  memberikan perhatian serius pada potensi  ancaman penurunan kualitas kehidupan tersebut, dengan lebih mengaktifkan dan memberdayakan peran Posyandu dan DASAWISMA”, lanjut Fahrizal.

Sementara itu Ketua TP PKK Provinsi Lampung  Riana Sari Arinal dalam keterangan pers nya usai pelantikan menyampaikan PKK memiliki peran yang sangat strategis, dalam dalam pembangunan masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan YME.

Untuk merealisasikan program PKK mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pembinaan sampai fasilitasi, TP PKK Provinsi Lampung akan bekerja melalui  kelompok Kerja ( Pokja ) yang akan selalu berkoordinasi dan menjalankan fungsinya masing – masing.

Pokja I akan  menangani bidang Ketahanan keluarga, Pokja II bertugas meningkatkan usaha peningkatan pendapatan keluarga ( UP2K)  di tingkat rumah tangga sebagai pilihan dan merupakan langkah awal yang sangat penting.

“Sebagai bagian terkecil dari sebuah masyarakat bangsa dan negara, keluarga merupakan penentu bagi baik atau tidaknya sebuah komunitas masyarakat bahkan bangsa dan negara”, jelas Riana Sari.

Kemudian dilanjutkannya di Pokja III terdapat hatinya PKK untuk memanfaatkan linkungan sekitar rumah menjadi lingkungan yang produktif sehat dan indah.

Sedangkan Pada pokja 4 Riana sari memilki perhatian khusus untuk menurunkan angka stunting, bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota khususnya Dinas Kesehatan TP PKK Provinsi akan berkoordinasi untuk menangani stunting di Provinsi Lampung. disamping penangan permasalahan anak dan pemberdayaan Lansia agar menjadi lansia produktif dan mandiri.

“TP PKK siap menjadi mitra pemerintah, bersinergi dengan semua OPD terkait, dan Kabupaten/Kota untuk melaksanakan program yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat. Kami sadar TP PKK tidak bisa bekerja sendiri dan tidak akan sukses tanpa bersinergi dengan pemerintah,”pungkas Riana Sari.  (Humas Pemprov)